Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV Kota Pekalongan

Acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV Pola Kerjasama BKPSDM Kota Pekalongan dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023, Kamis (08/06/2023) di Pusdiklat Kospin Jasa Kota Pekalongan dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Pekalongan, H. A. Afzan Arslan Djunaid, S.E. dan didampingi oleh Kepala BKPSDM, Ir Anita Heru Kusumorini, M.Sc., serta PLT Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Sumarhendro, S.Sos. Acara ini diikuti oleh 30 Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Wali Kota acara pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan peserta sebagai pejabat pengawas dalam melaksanakan tugasnya. Para peserta yang terpilih merupakan hasil rekomendasi dari organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing yang masih produktif, memiliki prospek kedepan yang bagus, dan melek IT.

Selanjutnya, Kepala BKPSDM menuturkan bahwa Pelatihan ini diselenggarakan selama 104 hari secara Blended Learning yang terdiri dari Self Learning (belajar mandiri melalui aplikasi LMS dan Siptenan), E-Learning (pembelajaran secara daring), On Campus (pembelajaran secara luring di Pusdiklat Kospin Jasa Kota Pekalongan), dan Off Campus di masing-masing OPD. Menurut beliau target atau harapan penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Pengawas.

Menambahkan, Kepala BPSDMD berharap agar para peserta dapat mengoptimalkan Pelatihan dan Teknologi Informasi sehingga terbentuk pemimpin yang melayani dan memiliki pola pikir yang tangkas.