Pembukaan Kegiatan Pemetaan Potensi Dan Kompetensi dengan Metode Computer Assissted Competency Test (CACT)

BKPSDM Kota Pekalongan bekerjasama dengan BKN menyelenggarakan kegiatan Senin, 26 Februari 2024, Wali Kota Pekalongan H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E. didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, H. Nur Priyantomo, S.E., M.M dan Plt. Kepala BKPSDM Kota Pekalongan, drg. Agust Marhaendayana, M.M., membuka secara langsung Kegiatan Pemetaan Potensi Dan Kompetensi dengan Metode Computer Assissted Competency Test (CACT) Bagi Pejabat Administrator, Pengawas, Fungsional Dan Pelaksana Di Lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan. Acara ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Pemetaan Potensi Dan Kompetensi dengan Metode Computer Assissted Competency Test (Cact) yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan pada tanggal 29 Februari dan 1 Maret 2024.

Hadir dalam kegiatan ini secara virtual sekaligus memberikan sambutan yaitu Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, Drs. Paulus Dwi Laksono Haryono, M.AP. Kemudian dilanjutkan pengarahan kegiatan oleh narasumber Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN, Bajoe Loedi Hargono, M.M., M.T., M.Sc. dan Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg I BKN Yogyakarta Stephanus Firmanto Tawanggono, S.Kom. serta pembekalan kegiatan oleh Asessor SDM Aparatur Ahli Madya Puspenkom BKN, Ima Pravita Saraswati S.Psi.

Manajemen talenta merupakan pilar dari sistem merit, hal ini dapat dilihat juga dari aspek penilaian dalam pelaksanaan sistem merit berdasarkan PermenPAN RB No. 40 Tahun 2018 tentang Pedoman Sistem Merit Dalam Manajemen ASN serta Peraturan Kepala KASN No. 9 Tahun 2019 tentang Penilaian Sistem Merit Dalam Manajemen ASN di Instansi Pemerintah. Manajemen talenta sebagai salah satu kriteria dalam pelaksanaan sistem merit dalam pengelolaan manajemen ASN yang menggunakan 8 (delapan) Aspek Penilaian Sistem Merit dalam Manajemen ASN. Aspek Pengembangan Karier, Promosi Mutasi dan Manajemen Kinerja dimana terdapat penerapan Manajemen Talenta memiliki bobot terbesar. bagi Pejabat Administrator, Pengawas, Fungsional Dan Pelaksana Di Lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan pada tanggal 29 Februari dan 1 Maret 2024 berlokasi di SMK Negeri 2 Pekalongan.